Pengalaman Pertama Membuat Website Gratisan

Pengen cerita tentang Pengalaman Pertama Membuat Website Gratisanwaktu kuliah D-3 dulu. Masuk kuliah dengan jurusan yang embel-embelnya “Informatika” membuatku sedikit mengenal internet lebih jauh, yuups kalo dulu waktu SMA aku cuma tau bahwa aku dah punya email di yahoo tapi ga’ pernah inget gimana cara buatnya, baru disaat kuliahlah aku jadi bisa tau gimana cara membuat email.
Kenyataannya : aku jadi bisa bikin email sendiri di yahoo dan plasa waktu itu. Hingga akhirnya sampailah aku di sebuah mata kuliah “Multimedia” yang kebetulan waktu itu ngajarin cara membuat website dengan memanfaatkan fasilitas geocities. Kenyataannya : aku ga’ tau sama sekali apa itu geocities (aku baru tau tentang “geocities” sekitar 2 tahun kemudian), yang aku tau waktu itu adalah : bikin desain website sebagus mungkin untuk dapet nilai bagus.
Entah aku yang terlalu berlebihan atau apalah tapi kok rasanya waktu itu desainku paling bagus sendiri deh satu kelas (muji diri sendiri), aku inget banget waktu dosenku geleng-geleng kepala karena takjub ngeliat bakal website-ku padahal baru setengah jadi. Kenapa bagus ? ya terang aja bagus, lha wong aku nyontek desain-nya plasa.com waktu itu dengan pengembangan berdasarkan website-website lain yang aku contek juga. Menurutku desain dari temen-temen yang lain terlalu sederhana. Tapi desain bagus malah jadi bumerang buatku, lantaran saking asiknya bikin desain sok bagus dan sok keren malah bikin aku ga’ ada waktu untuk belajar tentang geocities itu sendiri. Kacau !! Aku ga’ paham cara upload file di geocities !!. Aku ga’ tau kalo ternyata semakin banyak file yang digunakan artinya semakin banyak pula yang harus di upload dan dengan kemampuan otak di waktu itu bagiku hal seperti itu cukup membingungkan dan njelimet dibanding ma bakal website yang jumlah file-nya sedikit. Berkali-kali aku coba tapi gagal karena minimnya ilmu dan informasi. Alhasil, dengan waktu yang mepet karena waktu pengambilan nilai sudah harus dilakukan, aku bener-bener ga’ bisa ngelaku’in apa-apa. Pagi sebelum kuliah dimulai aku cuma bisa lemes, untungnya seorang temen (namanya Deni) mau ngasih bantuan, kami ke warnet dan dengan tenangnya si Deni membuatkan desain website sederhana kemudian meng-uploadnya ke geocities dan jadilah sebuah website sederhana untukku. Bener-bener sangat sederhana, tapi apa boleh buat, daripada ga’ dapet nilai sama sekali. Aku bener-bener berterima kasih ma Deni waktu itu dan itu adalah “Website gratisan pertamaku”.
Di kampus, rancangan website yang udah dibuatin ma temanku dalam waktu kurang lebih 1/2 jam itulah yang menjadi bahan untuk dinilai oleh dosenku. Dosenku waktu itu sempat kaget ngeliat kenapa website-ku cuma satu halaman doank, dengan konten 1 foto doank dan satu kalimat “Agus Hadi Wijaya” doank. Aku cuma bisa menjelaskan apa adanya, dan untungnya dosenku cukup bijak dan mau memaklumi, seharusnya mungkin aku dah dapet nilai “C-“ atau “D-“, tapi karena dia dah pernah ngeliat bentuk desain bakal website-ku yang sebelumnya biarpun belum utuh dan dia menganggap itu cukup menarik maka dosenku yang baik hati itupun ngasih nilai “B” (nilai kasihan coy !!).
Tapi okelah, biarpun nilai A yang kuidam-idamkan ga’ pernah tercapai tapi ada beberapa pelajaran yang waktu itu aku dapetin. Pelajarannya antara lain :
  • Jadi orang jangan sok keren dan sok hebat sendiri.
  • Jadi orang tuh (kalo bahasa Perancis-nya) jangan ngoyo-ngoyo banget, toh  hasilnya yang ga’ memuaskan cuma bikin jadi loyo.
  • Untuk dapet nilai “A” ga’ perlu bikin tugas bagus-bagus tapi cukup pacarin aja dosennya. Halah.
  • Yang lebih penting nih, aku baru nyadar kalo ternyata aku suka ma hal-hal yang kayak beginian, dan inilah cikal bakal kenapa aku jadi suka blogging.
Satu-satunya yang aku sesali adalah : “aku lupa alamat website gratisan pertamaku tersebut.” Tapi toh geocities sekarang dah ga’ memberikan fasilitas gratisan semacam itu lagi, jadi mungkin website tersebut juga dah hilang ntah kemana.Senyum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar