Blogger Draft Dengan Tampilannya Yang Baru

Terakhir kali buka blogspot hari Minggu (5/6/2011) sepertinya tampilan “blogger draft” pada blogspot masih seperti biasa, tapi pada Selasa malam (7/6/2011) aku baru tau kalo ternyata blogger sudah memperbaharui tampilan blogger draft mereka. Sebenarnya dulu aku dah sempet baca di Blogger Buzz pada salah satu postingannya tentang “Whats New With Blogger” dan disana dikatakan bahwa blogger akan memberikan beberapa perubahan pada beberapa tampilan blogger serta penambahan disana-sini guna mendukung kualitas dan performa yang lebih baik. Kira-kira tampilan blogspot dengan draft barunya seperti ini :

tampilan-draft-blogger-baru

Sekilas terlihat lebih elegant daripada sebelumnya, bahkan menurut saya lumayan praktis juga sih (agak mirip wordpress Senyum). Coba-coba liat bagian dalamnya dan beginilah tampilannya :

tampilan-draft-blogspot-berubah

Tuh keliatan khan statistik salah satu blogku yang laen yang sepiii kayak kuburan.Senyum

Perubahan tersebut hanya dilakukan pada draft blogger saja, artinya tidak membuat halaman pada blog berubah. Tampilan template blog masih normal seperti biasa.

Okelah, menurutku dah oke banget hasil kerja keras dari para tim blogger kali ini tapi niat awal masuk ke draft blogger tersebut khan pengen utak-atik html blog tersebut, langsung deh klik “Layout” tapi disana ga’ ada pilihan "”Edit html” seperti biasanya. Hmm jangan keburu bingung, mungkin layanan editor html tempat utak-atik atau meng-edit html blog sudah dipindahkan ke bagian lain. Coba cari… cari lagi… masih belum ketemu…ga’ menyerah, cari lagi…putus asa, langsung meluncur ke google berharap mendapatkan pencerahan… nyasar ke beberapa blog yang isinya malah ikut bertanya “dimana editor html blog pada draft blogger yang baru sekarang???

Walah, kayaknya kok pada ga’ ada yang tau, atau mungkin aku yang kurang tepat mengetikkan keyword yang aku butuhkan di kolom pencarian ? Oke, jalan berikutnya adalah segera meluncur ke blogger buzz tapi ga’ ada info apa-apa tentang itu, coba-coba maen ke beberapa blog sang guru dan sang master sepertinya belum ada yang nanggepin. Okelah daripada pusing-pusing mendingan ga’ usah dipikirin.

Kalo ada diantara kalian yang bernasib sama kayak aku, jangan keburu bingung dulu, pegangan !! karena pasti sebentar lagi bakalan ada penyelesaiannya. Mungkin ini masih sedang dalam tahap penyempurnaan, ya kurang lebih seperti beta-nya blogger draft-lah, dan ke depannya akan segera disempurnakan. Tapi ini cuma pendapat pribadi doank lho. Bisa bener tapi bisa juga salah buanget.

Untuk sementara, bagi yang ingin utak-atik tampilan blogger template-nya masih bisa diakses melalui pilihan “Template”. Untuk beberapa blog yang menggunakan template bawa’an dari blogger mungkin hal ini bukanlah suatu masalah, tapi buat yang suka menggunakan template gratisan seperti “free template blogger” yang tersebar dimana-mana itu mungkin bakalan sedikit kesulitan karena kebanyakan pengguna template tersebut biasanya melakukan edit-nya melalui kotak edit html blog. Aku sendiri termasuk orang yang mengalami kesulitan ini tapi tak apalah ga’ utak-atik html dulu, toh waktunya bisa diisi dengan menulis postingan blog. Ya gini ini kalo maunya cuma gratisan melulu.

Selamat berbingung ria dan Happy Blogging Senyum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar